- Process improvement stages
- Process analysis [output: Process model]
- improvement identification [output: process change plan, training plan]
- Process change introduction [output: feeback]
- Process change training [output: feeback]
- Change tuning [output: revised process model]
11.1 Process and product quality
- principal product quality factors
- process quality
- people quality
- development technology
- cost, time, schedule
11.2 Process analysis and modelling
- Process analysis
- Questionaire & interview
- enthnographic study
- process modelling
Gambar 11.2 System Process Improvement Program
11.3 Process measurement
- classes of process measurements
- time taken for process activities to be complicated
- resources required for process & activites
- number of occurrences of a particular event
- process measurement paradigm :
- GQM paradigm : goal-question-metrics
11.4 The SEI Process Capability Maturity Model
- levels
- initial : essentially uncontrolled
- repeatable : [ product management procedures ] defined and used
- configuration M, QA, subcontract M, project tracking and oversight, project planning, req M
- defined : [ process management process & strategies ] defined and used
- peer reviews, intergroup coordination, sw product engineering, integrated sw M, training program, Org process def & focus
- managed : [ quality management strategies ] defined and used
- sw Quality management, Quantitative process management
- optimizing : [process improvement strategies ] defined and used
- process change management, technology change management, defect prevention
- problems
- project management yang menyangkut product develepment
- rapid prototype yang melibatkan tech usage
- no risk analysis
- no definition of applicable domain
Gbr.11.4 SEI Process Capability Maturity Model
11.5 Process classification
- Process classification
- Informal
- Managed
- Methodical
- Supported
- Project Process class.
- Process-CMM Project Process
11.6 Karakteristik SPI:
- Iteratif
- Jangka panjang (durasi lama)
- Butuh biaya yang cukup besar
- Persiapan
- Training
- Sosialisasi
- Audit
11.7 Quality Standards
- CMM <Quality Standards CMM>
- ISO 9000
- Six Sigma
11.8 Improvement Kartu Prabayar dan Pascabayar ke Halo Hybrid
Gbr. 11.8 Improvement Billing Halo Hybrid
11.8.1 Improvement Halo Hybrid
- Memungkinkan pelanggan untuk melakukan kontrol / pembatasan atas penggunaan kartuHALO – nya.
- Memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan informasi penggunaannya à Pelanggan Hybrid secara otomatis memiliki kemampuan HALOcek
- Memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menggunakan kartuHALO nya dengan mekanisme pasca bayar dan pra bayar pada MSISDN yang sama.
- Produk dengan kemampuan hybrid memiliki dua charging mode, Post Paid Charging Mode dan Pre Paid Charging Mode.
- Pelanggan mengawali billing cycle (BC) dengan penggunaan pada Post Paid Charging Mode dengan batas penggunaan maksimum (Hard Limit) yang telah dipilih pelanggan.
- Pelanggan dapat memilih Hard limit yang diinginkan dari pilihan nilai Hard Limit yang disediakan oleh Telkomsel.
- Sehubungan dengan ragam tariff penggunaan dan charging layanan yang ada maka total penggunaan maksimum tidak akan tepat sama dengan nilai Hard Limit yang dimiliki pelanggan.
Gbr. Improvement Charging Halo Hybrid
- •Perubahan charging mode dari Post Paid ke Pre Paid dan sebaliknya dapat dilakukan setiap saat melalui USSD command.
- •Batas penggunaan pada Pre Paid Charging Mode adalah sebesar sisa pulsa yang dimiliki.
- Batas penggunaan pada Pre Paid Charging Mode dapat ditingkatkan dengan menaikan nilai pulsa yang dimiliki melalui mekanisme voucher recharge.
- •Pada saat akhir billing cycle pelanggan akan dipindahkan secara otomatis ke Post Paid Charging Mode dengan penggunaan Rp. 0 (nol) dan threshold hard limit senilai hard limit yang terakhir digunakan.
- •Sisa pulsa di Pre Paid Charging Mode terus diakumulasikan. Outpayment hanya terjadi pada saat pelanggan berhenti berlangganan produk dengan kemampuan Hybrid.
- •Invoice hanya menampilkan penggunaan pada Post Paid Charging Mode
11.8.2 Improvement Price Halo Hybrid
HALObebas Komunitas
|
HALObebas 150SMS
|
HALObebas Abonemen
|
HALObebas Bicara
|
Hybrid
|
|||
Post Paid
|
Pre Paid
|
||||||
Abonemen
|
65.000
|
45.000
|
Gratis
|
Gratis
|
—
|
—
|
|
Penggunaan Minimum
|
—
|
—
|
25.000
|
45.000
|
25.000
|
—
|
|
MOC Tariff
|
Internal
|
kartuHALO
|
kartuHALO
|
kartuHALO
|
Flat Internal
|
kartuHALO
|
simPATI
|
Operator Lain
|
kartuHALO
|
kartuHALO
|
kartuHALO
|
kartuHALO
|
kartuHALO
|
simPATI
|
|
Roaming Nasional
|
Gratis
|
Gratis
|
Gratis
|
Gratis
|
Gratis
|
Gratis
|
|
Time Unit
|
Lokal
|
20 Detik
|
20 Detik
|
20 Detik
|
20 Detik
|
20 Detik
|
30 Detik
|
SLJJ
|
15 Detik
|
15 Detik
|
15 Detik
|
15 Detik
|
15 Detik
|
30 Detik
|
|
Internasional
|
6 Detik
|
6 Detik
|
6 Detik
|
6 Detik
|
6 Detik
|
15 Detik
|
|
SMS
|
Domestik
|
250
|
250
|
350
|
250
|
250
|
350
|
Internasional
|
500
|
500
|
600
|
500
|
500
|
600
|
|
MMS
|
1.000
|
1.000
|
1.250
|
1.000
|
1.000
|
1.250
|
|
GPRS
|
12/Kb
|
12/Kb
|
12/Kb
|
12/Kb
|
12/Kb
|
12/Kb
|
|
Tariff Khusus MOC
|
√
|
—
|
—
|
—
|
—
|
—
|
|
Gratis SMS
|
—
|
150
|
—
|
—
|
100
|
—
|
- •Pelanggan HALOhybrid dapat melakukan recharge guna meningkatkan batas penggunaan pada Pre Paid Charging Mode dengan menggunakan voucher simPATI
- •Recharge voucher dapat dilakukan dengan menggunakan voucher fisik maupun voucher elektronikmelalui metode recharge yang disediakan Telkomsel :
- •Mkios.
- •Layanan HALO Isi Pulsa àTop Up melalui kartuHALO.
- •IVR 888.
- •Masa berlaku voucher
- •Masa berlaku tanpa batas selama kartuHALO/HALOhybrid berstatus aktif.
- •Nilai kredit akan terus diakumulasikan dan tercatat di account pelanggan.
- •Pada saat pelanggan berhenti berlangganan sisa pulsapada Pre Paid Charging Mode akan dicatat sebagai outpayment.
Terima kasih.
Reference:
- Zahran, Sami. Software Process Improvement. Addison Wesley Longman. Essex. England: 1998
- (http://www.sei.cmu.edu/cmmi)
- (http://www.telkomsel.co.id)
[…] merupakan salah satu dari Quality Standard Improvement yang diikembangkan oleh Software Engineering Institute (SEI) di Universitas Carnegie- Mellon pada […]
Ping balik oleh Quality Standards CMM « Andika MTI-ITS Weblog — Januari 6, 2008 @ 12:30 pm |