Andika MTI-ITS

Januari 6, 2008

11. Process Improvement Studi Kasus Halo Hybrid PT. Telkomsel Indonesia

Filed under: Kuliah Manajemen Rekayasa Perangkat Lunak — andikaftif @ 10:35 am
<Persembahan Kami untuk memenuhi UAS Mata Kuliah Manajemen Rekayasa Perangkat Lunak oleh Bpk. Fajar Baskoro, MT tercinta>
“Art and science of changing an organization’s software process in order to build better software”
Andrew Stellman & Jennifer Greene
  • Process improvement stages
    • Process analysis [output: Process model]
    • improvement identification [output: process change plan, training plan]
    • Process change introduction [output: feeback]
    • Process change training [output: feeback]
    • Change tuning [output: revised process model]

 

11.1 Process and product quality

  • principal product quality factors
    • process quality
    • people quality
    • development technology
    • cost, time, schedule

11.2 Process analysis and modelling

  • Process analysis
    • Questionaire & interview
    • enthnographic study
  • process modelling
    • activity, process, deliverable, condition, role, exception, communication
    • process digram

      Process Improvement

Gambar 11.2 System Process Improvement Program

 

11.3 Process measurement

  • classes of process measurements
    • time taken for process activities to be complicated
    • resources required for process & activites
    • number of occurrences of a particular event
  • process measurement paradigm :
    • GQM paradigm : goal-question-metrics

11.4 The SEI Process Capability Maturity Model

  • levels
    • initial : essentially uncontrolled
    • repeatable : [ product management procedures ] defined and used
      • configuration M, QA, subcontract M, project tracking and oversight, project planning, req M
    • defined : [ process management process & strategies ] defined and used
      • peer reviews, intergroup coordination, sw product engineering, integrated sw M, training program, Org process def & focus
    • managed : [ quality management strategies ] defined and used
      • sw Quality management, Quantitative process management
    • optimizing : [process improvement strategies ] defined and used
      • process change management, technology change management, defect prevention
  • problems
    • project management yang menyangkut product develepment
    • rapid prototype yang melibatkan tech usage
    • no risk analysis
    • no definition of applicable domain

 

system process improvement program
Gbr.11.4 SEI Process Capability Maturity Model

 

11.5 Process classification

  • Process classification
    • Informal
    • Managed
    • Methodical
    • Supported
  • Project Process class.
    • Process-CMM Project Process

11.6 Karakteristik SPI:

  • Iteratif
  • Jangka panjang (durasi lama)
  • Butuh biaya yang cukup besar
    • Persiapan
    • Training
    • Sosialisasi
    • Audit

11.7 Quality Standards

 

11.8 Improvement Kartu Prabayar dan Pascabayar ke Halo Hybrid

improvement halo hybrid
Gbr. 11.8 Improvement Billing Halo Hybrid

 

11.8.1 Improvement Halo Hybrid

  • Memungkinkan pelanggan untuk melakukan kontrol / pembatasan atas penggunaan kartuHALO – nya.
  • Memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan informasi penggunaannya à Pelanggan Hybrid secara otomatis memiliki kemampuan HALOcek
  • Memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menggunakan kartuHALO nya dengan mekanisme pasca bayar dan pra bayar pada MSISDN yang sama.
  • Produk dengan kemampuan hybrid memiliki dua charging mode, Post Paid Charging Mode dan Pre Paid Charging Mode.
  • Pelanggan mengawali billing cycle (BC) dengan penggunaan pada Post Paid Charging Mode dengan batas penggunaan maksimum (Hard Limit) yang telah dipilih pelanggan.
  • Pelanggan dapat memilih Hard limit yang diinginkan dari pilihan nilai Hard Limit yang disediakan oleh Telkomsel.
  • Sehubungan dengan ragam tariff penggunaan dan charging layanan yang ada maka total penggunaan maksimum tidak akan tepat sama dengan nilai Hard Limit yang dimiliki pelanggan.

improvement charging mode
Gbr. Improvement Charging Halo Hybrid

 

  • Perubahan charging mode dari Post Paid ke Pre Paid dan sebaliknya dapat dilakukan setiap saat melalui USSD command.
  • Batas penggunaan pada Pre Paid Charging Mode adalah sebesar sisa pulsa yang dimiliki.
  • Batas penggunaan pada Pre Paid Charging Mode dapat ditingkatkan dengan menaikan nilai pulsa yang dimiliki melalui mekanisme voucher recharge.
  • Pada saat akhir billing cycle pelanggan akan dipindahkan secara otomatis ke Post Paid Charging Mode dengan penggunaan Rp. 0 (nol) dan threshold hard limit senilai hard limit yang terakhir digunakan.
  • Sisa pulsa di Pre Paid Charging Mode terus diakumulasikan. Outpayment hanya terjadi pada saat pelanggan berhenti berlangganan produk dengan kemampuan Hybrid.
  • Invoice hanya menampilkan penggunaan pada Post Paid Charging Mode

11.8.2 Improvement Price Halo Hybrid

 
HALObebas Komunitas
HALObebas 150SMS
HALObebas Abonemen
HALObebas Bicara
Hybrid
Post Paid
Pre Paid
Abonemen
65.000
45.000
Gratis
Gratis
Penggunaan Minimum
25.000
45.000
25.000
MOC Tariff
Internal
kartuHALO
kartuHALO
kartuHALO
Flat Internal
kartuHALO
simPATI
Operator Lain
kartuHALO
kartuHALO
kartuHALO
kartuHALO
kartuHALO
simPATI
Roaming Nasional
Gratis
Gratis
Gratis
Gratis
Gratis
Gratis
Time Unit
Lokal
20 Detik
20 Detik
20 Detik
20 Detik
20 Detik
30 Detik
SLJJ
15 Detik
15 Detik
15 Detik
15 Detik
15 Detik
30 Detik
Internasional
6 Detik
6 Detik
6 Detik
6 Detik
6 Detik
15 Detik
SMS
Domestik
250
250
350
250
250
350
Internasional
500
500
600
500
500
600
MMS
1.000
1.000
1.250
1.000
1.000
1.250
GPRS
12/Kb
12/Kb
12/Kb
12/Kb
12/Kb
12/Kb
Tariff Khusus MOC
Gratis SMS
150
100
  • Pelanggan HALOhybrid dapat melakukan recharge guna meningkatkan batas penggunaan pada Pre Paid Charging Mode dengan menggunakan voucher simPATI
  • Recharge voucher dapat dilakukan dengan menggunakan voucher fisik maupun voucher elektronikmelalui metode recharge yang disediakan Telkomsel :
    • Mkios.
    • Layanan HALO Isi Pulsa àTop Up melalui kartuHALO.
    • IVR 888.
  • Masa berlaku voucher
    • Masa berlaku tanpa batas selama kartuHALO/HALOhybrid berstatus aktif.
    • Nilai kredit akan terus diakumulasikan dan tercatat di account pelanggan.
  • Pada saat pelanggan berhenti berlangganan sisa pulsapada Pre Paid Charging Mode akan dicatat sebagai outpayment.
Terima kasih.

Reference:

  1. Zahran, Sami. Software Process Improvement. Addison Wesley Longman. Essex. England: 1998
  2. (http://www.sei.cmu.edu/cmmi)
  3. (http://www.telkomsel.co.id)

<next Quality Standards CMM>

1 Komentar »

  1. […] merupakan salah satu dari Quality Standard Improvement yang diikembangkan oleh Software Engineering Institute (SEI) di Universitas Carnegie- Mellon pada […]

    Ping balik oleh Quality Standards CMM « Andika MTI-ITS Weblog — Januari 6, 2008 @ 12:30 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.